RANGKA BATANG




Rangka batang adalah suau susunan konstruksi yang terdiri dari batang batang yang tersusun secara sedemikian rupa. berikut ini merupakan ringkasan tentang apa saja yang terkandung dalam rangka batang,,:

1. Asas tentang kerja virtual menentukan: Jikalau suatu konstruksi batang atau rangka batang yang dibebani, ada dalam keadaan seimbang (termasuk reaksi
pada tumpuan masing-masing) dan konstruksi ini rnenerima suatu pergeseran oleh suatu kumpulan gaya virtual, kita boleh mengatakan, bahwa jumlah kerja virtual oleh gaya itu menjadi nol. Jikalau kita membalik urutan ini, kita mendapat asas tentang kerja virtual. Asas ini menjadi dasar untuk perhitungan perubahan bentuk.

2" Pergeseran pada suatu titik pada suatu konstruksi batang atau rangka batang dapat ditentukan dengan menggunakan persamaan kerja dengan menggunakan
satu gaya vitual Pp: 1.0 atau satu momen Mr : 1.0. Kerja virtual luar ini menjadi sama dengan kerja virtual dalam, dikurangi oleh pergeseran reaksi tumpuan yang biasanya menjadi nol.

3. Ferhitungan kerja virtual dalam pada konstruksi batang bisa dilakukan pada umumnya dengan menggunakan tabel-tabel tentang hasil peng-integral-an di mana bentuk-bentuk dan kombinasi-kombinasi yang sering timbul sudah diten­tukan sebagai nilai integral JW,Wods.
JW,Wrds menunjuk bahwa tabel-tabel tentang hasil peng-integral-an tidak hanya berlaku untuk bidang (diagram) momen, melainkan juga untuk bidang gaya normal dan gaya lintang, walaupun biasanya pengaruh pada gaya lintang dan gaya normal
boleh dihapuskan.
oleh karena itu pada umumnya pada tabel-tabel hasil peng-integral-an digunakan nilai integral I M;Mrds. Pada batang atau bagian batang yang diperhatikan seharusnya momen lembam /
tetap. Jikalau tidak. kita boleh menggunakan suatu momen lembam dengan per­bandingan l"/1.

4. Pada konstruksi rangka batang persamaan kerja menjadi suatu jumlah, dan oleh karena itu penggunaannya tidak mengalami kesulitan.

5. Syarat dari Maxwell menentukan, bahwa pergeseran dp suatu titik i oleh gaya P : 1.0 pada titik k menjadi sama dengan pergeseran dki titik k oleh gaya P : 1.0 pada titik /.

Komentar

Postingan Populer